Selasa, 07 Agustus 2012

Inspirasi mahasiswa sukses from lina susanti 2


Continued…
Inspirasi mahasiswa sukses from lina susanti 2
Maaf sebelum nya jika tulisan di “INSPIRASI MAHASISWA SUKSES I “ terlalu baku, karena saya juga baru mencoba untuk menulis dan untuk berbagi informasi kepada teman-teman. Nanti saya akan melanjutkan cerita tentag diri saya, saya rasa ada yang lebih penting yang akan saya sampaikan kepada teman-teman. Inilah yang ingin saya berikan kepada teman-teman:
LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENJADI MAHASISWA SUKSES DI BANGKU KULIAH MENURUT SAYA:
1.       Kegigihan untuk mengenal kampus seutuhnya. Jika saat anda pertama kali masuk ke universitas perhatikanlah keadaan kampus sebenarnya. Peduli terhadap lingkungan kampus. Di kampus anda bukan hanya mampu untuk menerima pelajaran dikelas, tapi kampus juga mempunyai banyak alternative pilihan ekstrakulikuler yang menyediakan berbagai ilmu sesuai dengan bakat yang kita miliki. (intinya ikuti organisasi yang anda minati)
2.       Peduli pada apa yang terjadi dikampus. Biasanya dikampus banyak mengadakan seminar-seminar yang mempunyai banyak ilmu yang tidak kita dapatkan dalam pelajaran dikelas. Jika kita sering mengikuti seminar kita bisa dapat beberapa keuntungan ( keuntungan ilmu, dan mempunyai banyak teman dari fakultas yang berbeda dan universitas berbeda) karena seminar cakupan pesertanya luas dari masyarakat luar pun boleh ada yang ikut seminar. Dan dengan adanya seminar kita bisa kenal orang-orang hebat. Karena seminar dominan dengan mendatanggi nara sumber untuk memberi penjelasan (banyaklah mengikuti seminar-seminar)
3.       Ketekunan, tentunya dalam dunia pendidikan dibutuhkan ketekunan dengan ketekunan kita  bisa mendapatkan nilai yang terbaik. Tekun dalam belajar, dan kerjakan semua tugas yang diberikan oleh dosen dan belajar lah yang baik saat ujian. Dan luangkanlah waktu sebentar untuk mengulang dan membaca kembali materi apa yang diberikan oleh dosen.  Agar kita mengerti dan menguasai apa yang telah diajarkan.
4.       Ketabahan, dalam dunia kampus sabar itu sangatlah penting, terutama sabar menunggu kehadiran dosen. Karena tak jarang dosen mempunyai banyak kesibukan sehingga membuat dosen tidak dapat hadir tepat waktu  didalam kelas. Dan jika kita telah melatih kesabaran itu, insyaallah kita lebih mudah untuk membuat strategi untuk tetap bertahan dikampus tersebut.
5.       Kebersamaan, dalam dunia kampus sangatlah penting kebersamaan bersama teman-teman karena didunia kampus pengumuman tidak lagi disorakkan melalui mik seperti disekolah dulu, kita harus membaca sendiri pengumumannya. Jika kita tidak sempat atau tidak terbaca pengumuman nya kita bisa tanyakan pada teman, dan jalin lah komunikasi yang baik bersama teman satu kelas. Jangan pernah merasa lebih dari mahasiswa yang lain, dan jika anda menerima informasi terlebih dahulu, berbagilah bersama teman-teman yang tidak tau akan informasi tersebut, dan jika anda sering membagi informasi kepada teman-teman insyaallah teman akan ingat kepada anda jika dia melihat informasi yang baru. Kalau bisa simpan no handphone atau alamat email teman-teman sekelas, berbaurlah dengan mereka. Karena kuliah tidak akan berhasil jika kita berjalan sendiri, sukses nya kuliah dibantu dengan teman-teman disekitar kita.
6.       Rajinlah bertanya, Tanya lah apa yang tidak anda ketahui kepada siapa saja. Jika anda merasa kurang jelas dengan penjelasan yang telah diberikan dosen kepada anda, temuilah dosen itu diruangannya dan tanyakan apa yang tidak anda mengerti,atau bertanyalah disesi tanya jawab yang disediakan oleh dosen jika ada.  jika anda tidak bisa menemui dosen yang bersangkutan cobalah tanya dengan teman-teman yang menurut anda paham dengan apa yang disampaikan dosen tersebut. Jangan berdiam diri, berdiam diri bukan lah hal yang baik jika kondisinya anda tidak mengerti sama sekali. Sadarlah kalau anda tidak tahu, jangan berpura-pura tau. Karena orang yang paling bodoh adalah orang yang tidak tau kalau dirinya tidak tahu. Bertanya bukanlah lambang kebodohan,melainkan lambang jika anda ingin pintar.
7.       Buatlah jaringan dengan senior, kakak tingkat atau senior merupakan pusat informasi yang penting. Karena mereka sudah berpengalaman didalam kehidupan kampus. Tanyakanlah apa yang menganjal pikiran anda tentang kampus kepadanya, da mintalah pendapat kepadanya tindakan apa sebaiknya yang anda lakukan dalam memilih mata kuliah atau konsentrasi, karena mereka para senior sudah melewati masa itu. Dan bersikap santunlah kepada kakak senior dikampus mu, jangan pandang mereka karena katakutan anda karena mereka yang lebih senior, tapi pandanglah mereka dengan pandangan yang lembut yang penuh dengan persahabatan, dan pintar-pintar membawakan diri anda pada mereka.
8.       Komunikasilah yang baik dengan para dosen. Kenalilah nama dosen yang mengajar anda agar anda lebih mudah mencari dosen tersebut jika anda membutuhkannya nanti. Usahakan untuk kenal semua dosen yang mengajar di jurusan anda. Dan jangan berlaku cuek dengan dosen yang tidak mengajar anda, tapi mereka merupakan dosen di jurusan anda, karena mereka akan mengingat wajah anda jika anda tidak berlaku sopan kepadanya. Bersikap santunlah pada setiap dosen,karena suatu saat anda pasti  membutuhkannya.
9.       Kenalilah pengurus kampus anda yang menduduki posisi-posisi penting seperti Rektor,Dekan, pembantu dekan, sekretaris jurusan, dan ketua jurusan dan banyak lagi yang terlibat dalam pengurusan kampus yang menduduki posisi penting selain yang saya sebutkan. Kenalilah mereka untuk mempermudah urusan anda, jika anda perlu kepada mereka mempermudah anda untuk mencari mereka.
10.   Dan rajin-rajinlah baca pengumuman. Jika anda rajin-rajin membaca pengumuman lihatlah beasiswa yang lagi berjalan, atau yang akan dibuka, dan baca program apa yang terbaru buat jurusan anda.
Demikian lah langkah-langkah sukses menjadi mahasiswa sukses dikampus, jika anda membaca blog ini, dan cobalah terapkan dalam kehidupan anda dikampus, semoga bermanfaat.

SALAM SUKSESS BUAT ANDA SEMUA PARA PEMBACA YANG BERJIWA SUKSES….!!!
Tunggu kelanjutan langkah-langkah “Menjadi Mahasiswa Sukses dalam Memperoleh Pendapatan sendiri”..
Pantauin terus blog saya ya teman-teman ku yang berjiwa sukses,,
penuh pikiran Anda Sukses bermula dari pikiran kita. Sukses adalah kondisi pikiran kita. Bila Anda menginginkan sukses, maka Anda harus mulai berpikir bahwa Anda sukses, dan mengisi kehidupan anda dengan kesuksesan.
~  D r. Joyce Brothers  ~



Tidak ada komentar:

Posting Komentar